Langkah-Langkah Menjadi Stand Up Comedian

Untuk menjadi seorang stand up comedian ada beberapa langkah yang bisa dilakukan:

  1. Belajar dan berlatih public speaking. Kemampuan public speaking yang baik sangat membantu untuk menjadi seorang stand up comedian yang baik. Ini sangat membantu dalam delivery jokes dan memainkan emosi yang berhubungan dengan joke yang dimainkan.

read more…

Inspirasi Jerry Seinfeld

Belakangan ini, saya sering mendapat undangan berbagai perusahaan untuk memberikan motivasi. Meskipun sekarang dikenal sebagai sebagai motivator bukan berarti saya meninggalkan dunia komedi. Saya masih berkiprah didunia komedi baik sebagai Stand Up Comedian maupun Ventriloquist.

Bukan hanya di depan layar tapi saya juga berkiprah di belakang layar sebagai konseptor. Diantaranya yang fenomenal di tahun 2018 adalah saya menggagas acara Ventriloquist Indonesia di Perpustakaan Nasional RI. Pertama kali di Indonesia lebih dari 20 Ventriloquist berada dalam satu panggung. Selain itu saya menjadi ketua panitia dan juri Lomba Stand Up Comedy Kritik DPR.

read more…

Kenapa Menjadi Iwel Sastra?

Nama lahir Welnaldi Sastra. Namun di akte kelahiran hanya ditulis Welnaldi. Sejak saya menekuni dunia lawak saya lebih senang dipanggil dengan nama Iwel. Tahun 1993 ketika saya menjadi penyiar radio DMC 1079 FM Jakarta, atasan saya Sys NS mengusulkan agar saya menggunakan nama Iwel Well (dua L) ketika siaran. Alasannya agar gampang diingat. read more…

Sejarah Lawak Tunggal Dan Stand Up Comedy Di Indonesia

Iwel Wel Dan Ramon Papan

Kadir pelawak senior jebolan Srimulat pernah bertanya kepada saya “Wel, apa bedanya lawak dan stand up comedy? Kok saya nggak menemukan bedanya? Sama saja!”

Ini pertanyaan yang seringkali saya terima. Saya rasa wajar jika pertanyaan ini muncul karena stand up comedy baru sekitar dua tahun ini populer di masyarakat Indonesia meskipun saya sudah mensosialisasikan sejak tahun 1998. Mungkin pertanyaan ini muncul karena masyarakat melihat penampilan beberapa stand up comedian di Indonesia tidak berbeda dengan penampilan pelawak. read more…

Nasehat S. Bagyo

Saya sangat beruntung dalam perjalanan hidup ini saya pernah belajar lawak dari maestro lawak Indonesia S. Bagyo. Tahun 1989 beberapa kali saya datang ke rumah S Bagyo di kawasan Setia Budi Jakarta Selatan. Di kediaman S Bagyo ini sering berkumpul pelawak-pelawak. 

 

read more…

Stand Up Comedy Sebagai Batu Loncatan

Terjadi pro dan kontra terhadap pendapat bahwa stand up comedy adalah batu loncatan untuk ke dunia hiburan yang lebih cerah. Alasan pendapat ini karena beberapa comic yang terjun ke film, sitkom, tv host kemudian tidak lagi melakukan stand up comedy. Adam Sandler, Jim Carrey, Eddie Murphy aktor yang memulai karirnya sebagai stand up comedian setelah mereka sukses berkarir di layar lebar kemudian lama tak pernah lagi melakukan stand up comedy.

read more…

Mengenal Stand Up Comedy

Tulisan ini saya tulis pada bulan Juli 2005 ketika saya masih menjadi stand up comedian di acara bincang bintang RCTI. Semula tulisan ini “waktu itu” akan saya kirimkan ke sebuah surat kabar nasional. Entah kenapa waktu itu tidak jadi saya kirim. Ide tulisan ini muncul ketika suatu hari di bulan Juli 2005 saya diundang oleh seorang teman kesebuah kafe di kawasan Kemang Jakarta Selatan. Disana sedang diadakan stand up comedy contest. Ini bukanlah comedy café melainkan kafe yang biasanya menyajikan hiburan musik top 40.

read more…

Menjadi Full Time Comedian

Iwel-Full-Time-Comedian

Selama ini dalam bayangan masyarakat jika seorang komedian tidak muncul di televisi berarti dia sedang menganggur. Pemahaman ini wajar saja karena banyak masyarakat yang belum paham mengenai profesi komedian serta ruang lingkup pekerjaannya.

Bagi yang sudah membaca buku motivaction: mimpi atau mati! pasti sudah tahu kalau saya merantau ke Jakarta tahun 1989 dengan tujuan ingin mengadu nasib menjadi pelawak. Karir profesional saya sebagai komedian baru terbuka tahun 1993 ketika saya menjadi penyiar radio DMC 1079FM. Saya sebut sebagai karir profesional karena pada tahun inilah saya mulai dibayar secara profesional sebagai seorang komedian.

read more…